Minggu, 21 Maret 2010

Tuguh di Tanah Batak

TUGU DAN MAKAM MEWAH DI TANAH BATAK
Satu lagi masalah rohani yang besar di tengah-tengah bangsa Batak adalah
amraknya pembangunan tugu-tugu marga dan makam/kuburan keluarga yang
megah sejak tahun lima puluhan. Masing-masing marga berlomba untuk
membangun tugu marga mereka. Sehingga pada tiap kantong-kantong (bona
pasogit) marga, kita dapat menjumpai berdirinya tugu marga. Keluarga-keluarga
Batakpun berlomba ingin membnagun kuburan megah bagi anggota keluarganya
yang telah mati. Tugu dan kuburan itu dibangun dengan berbagai model, dimana
dananya berasal dari sumbangan seluruh keturunan marga tau anggota keluarga
masing-masing.
Pembangunan tugu dan kuburan megah ini mendapat dukungan yang luas
dari masyarakat Batak, baik yang berada di bona parsogit (kampung halaman),
maupun yang berada di perantauan (parserahan). Dukungan juga diberikan oleh
banyak pemimpin jemaat Kristen. Peresmian tugu dan makam ini dilakukan dengan
upacara adat Batak baik dengan skala kecil maupun besar. Secara umum
masyarakat Batak Kristen menilai tidak ada yang salah dengan maraknya pendirin
berbagai tugu dan kuburan megah itu.
Fenomena seperti ini hanya akan dimengerti dengan menelusuri akar religius
dari orang Batak sebelum mengenal Injil. Salah satu pusat dari agama leluhur Batak
adalah penghormatan kepada roh orang tua dan pemujaan kepada roh-roh leluhur.
Penghormatan dan pemujaan ini berakar dari keyakinan akana danya hubungan
antara manusia yang masih hidup dengan roh orang yang telah mati (adong
pardomuan ni halak na mangolu dohot angka na mate). Hubungan ini memiliki
pengaruh yag besar baik bagi manusia yang hidup, maupun bagi roh-roh orang mati.
Salah satu perbedaan besar natara Injil dengan berbagai agama (religi) yang
ada di dunia, adalah dalam masalah hubungan antara orang yang hidup dengan
orang yang mati. Injil mengajarkan bahwa tidak ada hubungan antara manusia yang
hidup dengan orang-orang yang telah mati. Dalam ajaran Kristus tidak dikenal
adanya petunjuk atau perintah untuk melakukan berbagai upcara untuk orang-orang
yang telah mati, seperti yang banyak kita jumpai dalam agama lain. Injil hanya
mengajarkan kepada kita untuk mengurus orang-orang yang masih hidup secara
fisik selama hidup kita di dunia. Injil menentang keterlibatan umat Tuhan di dalam
mengurus roh-roh orang mati.
Upacara kematian yang dilakukan oleh gereja, pada hakekatnya hanya
diarahkan kepada penghiburan anggota keluarga yang ditinggalkan, serta
mengingatkan orang yang hadir, bahwa mereka harus mempersiapkan diri
dihadapan Tuhan untuk menghadapi kematian yang pasti juga akan datang, dengan
percaya dan beribadah kepada Tuhan Yesus di dalam kebenaran dan kekudusan..
penguburan merupakan penggenapan dari Firman Tuhan:
“Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali
lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu
dan engkau akan kembali menjadi debu” (Kejadian 3:19)
setiap acara yang dilakukan demi kepentingan roh orang yang mati bukan
berasal dari kebenaran Tuhan, melainkan berasal dari ajaran-ajaran duniawi. Karena
Firman Tuhan tidak pernah memerintahkan umatNya untuk mengurus roh-roh orang
mati. Urusan kita adalah melayani orang yang masih hidup, namun mati secara
rohani. Dengan demikian mereka dapat diselamatkan oleh kuasa Tuhan sebelum
mereka meninggalkan dunia ini.
Dalam uraian dibawah, kita akan menguraikan beberapa prinsip dari
keyakinan agama Batak yang melatarbelakangi pendirian tugu dan kuburan megah
tersebut, dan menganalisanya sesuai dengan Firman Tuhan.
A. Hubungan dengan Orang Mati
Keyakinan agama Batak akan adanya hubungan antara orang yang hidup dengan
roh orang mati, tercermin di dalma ebrbagai upacara adat yang dilakukan terhadap
orang-orang yang akan dan telah mati, seperti: manulangi (menyulangi orang yang
akan mati), hamatean (kematian), mangongkal holi (menggali tulang belulang), dan
pesta pendirian tugu serta pesta tahunan di tugu-tugu marga. Keyakinan ini
merupakan dasar utama bagi diselenggarakannya upacara adat.
Upacara-upacara di atas pada hakekatnya merupakan upacara agama
hasipelebeguon yang masih tetap dilakukan oleh kebanyakan orang-orang Kristen
Batak sekarang. Sebagian dari mereka melakukannnya mungkin saja mengerti akan
makna dari upcara tersebut. Namun sebagian besar mungkin tidak memiliki
pengertian akan latar belakang dan tujuna upacara adat. Mereka dalah korban dari
arus massa dan kelicikan Iblis berikut roh-roh jahatnya.
Agama leluhur mengajarkan bahwa manusia memiliki tubuh dan roh (tondi).
Kehidupan seserang sangat ditentukan oleh kondisi rohnya. Selama sang roh
berdiam dalam tubuh, maka orang tersebut akan hidup. Apabila roh berada dalam
keadaan lemah, maka orang itu akan menjadi sakit, demikian juga bila roh itu pergi
meninggalkan tubuhnya dalam waktu terbatas. Kematian akan terjadi apabila roh
orang itu meninggalkan tubuhnya untuk selama-lamanya. Karena itu, orang Batak
sangat mementingkan urusan pemeliharaan kondisi rohnya.
Kondisi roh yang nyaman dan hangat merupakan syarat penting untuk menjalani
kehidupan yang berbahagia. Salam “horas” memilik pengharapan agar roh
seseorang tetap diteguhkan, nyaman dan kuat. “Pir tondi madingin, horas tondi
matogu” merupakan kondisi tondi yang diharapkan oleh orang Batak. Pemberian
“beras sipir ni tondi” merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi tondi yang
baik.
Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian merupakan titik perppindahan
kehidupan seseorang dari kehidupan di alam fisik (dunia), menuju pada kehidupan di
alam kematian atau di alam roh. Kematian merupakan pintu gerbang untuk
memasuki kehidupan di alam roh. Seluruh roh, arwah (begu) dari orang yang telah
mati berada di alam roh. Dalam alam itu mereka hidup dengan membentuk suatu
komunitas masyarakat roh, yang juga tersusun dalam struktur kekerabatan yang
bersifat patrilinial berdasarkan marga dan prinsip Dalihan Natolu. Karena itu apabila
seseorang meninggal sering diaktakan: “na dialap ompung na do I” (dia dijemput
oleh roh leluhur atau roh kakeknya).
Persekutuan masyarakat Batak disusun berdasarkan asas Dalihan Natolu.
Persekutuan ini menjalin ikatan antara seluruh anggota keluarga yang masih hidup,
baik dari pihak hulahula, boru maupun dongan sabutuha. Selain itu, persekutuan
orang Batak juga mencakup ikatan antara seluruh kerabatnya yang masih hidup di
dunia, dengan seluruh roh-roh dari anggota keluarganya yang telah mati. Upacara
adat yang berhubungan dengan kematian pada hakekatnya merupakan peneguhan
iaktan antara seluruh orang Batak yang hidup, dengan seluruh roh-roh keluarga atau
leluhurnya yang telah mati.
Penelitian antropologi mendeskripsikan bahwa perkampungan orang Batak bukan
hanya merupakan wilayah tempat tinggal dari manusia yang hidup saja.
Perkampungan Batak juga merupakan wilayah pemukiman daripada seluruh arwah
dari anggota keluarga dan leluhur yang telah mati. Perkampungan orang yang hidup
dapat dilihat, tetapi perkampungan para roh atau arwah orang mati hanya dapat
dilihat secara gaib oleh mata rohani (parmata begu).
Kesadaran akan kehadiran roh-roh leluhur atau roh-roh keluarga itu terlihat
dalam tingkah laku orang Batak terhadap roh-roh orang mati. Pada masa
hasipelebeguon, kehadiran roh-roh ini terwujud dengan adanya guci-guci besar yang
dipahat dari batu. Dalam guci ini disimpan tulang-belulang (saring-saring) dari para
leluhur kelaurganya. Jumlah saring-saring yang ada di dalma guci ini bisa hanya
terdiri dari beberapa kerangka manusia, tetapi ada juga yang mencapai puluhan
kerangka manusia. Di samping itu, ada juga tulang belulang yang disimpan dalam
kuburan yang dipahat dari batu, seperti kuburan Raja Sidabutar yang ada di Tomok.
Dengan hilangnya kemampuan orang Batak dalam seni memahat batu,
keberadaan guci batu digantikan dengan tugu dan makam-makam megah keluarga.
Tugu dan makam itu dibangu dengan menggunakan semen, batu bata dan keramik,
yang ditata dengan emgah. Apda setiap kuburan dibuat beberapa lubang-lubang
sebgai tempat diletakkannya tulang belaulang anggota keluarga yang telah digali (na
ni ongkal). Bahkan ada juga lubang-lubang yang disediakan bagi anggota keluarga
yang masih hidup. Kuburan-kuburan ini dibangun dengan berbagai model sesuai
dengan keinginan dan selera mereka.
Kuburan-kuburan megah itu biasanya dibangun menghadap ke jalan raya
perkampungan, menghadap ke Danau Toba, di tempat-tempat yang agak tinggi atau
di lereng bukit. Kehadiran roh itu dsimbolkan dengan membuat patung-patung
leluhur di atas tugu atau makam, dengan tujuan agar roh leluhur dapat memandang
daerah sekitarnya (manatap humaliang) dengan bebas, dan dapat melihat jikalau
ada keturunannya yang datang dari jauh.
Keyakinan akan adanya hubungan dengan roh orang mati pada masa kini juga
dilihat dengan masih adanya orang-roang Kristen Batak yang memberikan makanan
persembahan (mamele) di rumahnya. Makanan itu biasanya diletakkan di atas
lemari, dan diberikan kepada roh dari anggota keluarganya yang telah mati; bisa roh
orang tua, kakek, nenek ataupun anggota keluarga lainnya. Makanan itu bisa berupa
pisang, itak, sangsang, tuak, sirih dan lain-lain, sesuai dengan kesukaan dari roh itu
semasa hidupnya.
Ikatan dengan roh orang yang telah mati ini dapat kita lihat juga dalam
kebiasaan orang Kristen Batak berziarah ke kuburan orang tua, kakek atau
kelaurganya yang telah meninggal. Keharusan berziarah ini datangnya bukan dari
suatu aturan Alkitab. Keharusan berziarah ini datang dari dalam keyakinan diri
sendiri, yang masih belum dibereskan dari nilai-nilai hidup hasipelebeguon. Ada
perasaan bersalah dan ketakutan yang besar jikalau hal itu tidak dilakukan,
khususnya terhadap roang yang telah mati itu.
Keyakinan ini dicampur lagi dengan perintah hukum Taurat berkenaan dengan
menghormati orang tua yang ditafsirkan sebagai bentuk penghormatan yang
dituntut oleh Tuhan. Padahal perintah Hukum Taurat itu hanya ditujukan untuk
menghormati orang tua selagi mereka masih hidup di dunia ini.
Kebiasaan ini paling banyak dilakukan kala menjelang hari Paskah dan berpuncak
pada hari peringatan Kebangkitan Yesus, banyak orang Kristen yang melakukan
kebaktian di lokasi perkuburan. Bahkan banyak pendeta yang mengizinkan dan
memimpin sendiri acara kebaktian di kuburan. Pada kuburan itu sering diletakkan
persembahan kepada roh-roh orang mati yang ada disitu, seperti: rokok, makanan,
minuman kesukaan dari roang yang dikuburkan disitu.
Hubungan dengan roh orang yang telah mati pada masa kini juga dapat dilihat
dengan adanya suatu acara yang dikenal dengan mencuci muka di kuburan
(marsuap). Dengan marsuap, segala kesialan yang menimpa kehidupan seseorang
akan dibersihkan dari dalam dirinya. Pembawa sial itu akan tertinggal di kuburan dan
kemudian sahala dari roh keluarga itu akan memberkati (mamasu-masu)
kehidupannya. Dengan harapan pada masa mendatang mereka dapat mencapai
segala cita-citanya.
Dalam kepercayaan Batak, manusia yang hidup di dunia masih dapat
berhubungan dengan roh-roh dari anggota keluarganya yang telah mati.
Demikian juga sebaliknya, roh orang mati masih dapat berhubungan dengan
anggota keluarga atau keturunannya yang hidup di dunia. Hubungan itu dijalan
di dalam berbagai acara ritual kematian, yang sekarang disebut dengan nama
upacara adat.
Hubungan dengan orang mati menjadi penting lagi dikarenakan adanya konsepsi
hasipelebeguon tentang kemampuan gaib yang dimiliki dalam roh manusia yang
dikenal dengan sebutan sahala. Sahala adalah unsur roh (tondi), daya khusus, daya
hidup dari tondi yang dapat memberikan berbagai berkat kepada manusia, seperti
keberanian (sahala habaranion), kekayaan (sahala hamoraon), kekuasaan (sahala
harajaon), pengobatan (sahala hadatuon), dan berbagai kemampuan lain kepada
orang yang memilikinya. Seseorang yang memiliki sahala akan menerima
penghormatan dan kemuliaan dari orang lain, terlebih jikalau kekuatan sahalanya
sangat besar seperti yang terdapat pada Sisingamangaraja, dan para datu.
Sahala yang dimiliki seseorang dapat mempengaruhi kehidupan orang-orang lain
yang ada disekitarnya, sehingga mereka mendapat berkat (tua) dari sahala tersebut.
Sahala ini dapat memberikan pengaruh yang baik pada orang lain, baik pada wakti
orang itu masih hidup, maupun pada saat dia mati. Pengaruh baik dari sahala ini
sangat didambakan oleh orang Batak, dan upacara adat merupakan sarana untuk
memperoleh berkat dari sahala orang yang dimaksud, baik itu dari orang yang masih
hidup maupun dari roh orang yang telah mati.
Perolehan berkat dari sahala sangat menentukan keberhasilan seseorang di
dalam mencapai cita-citanya. Kekayaan diperoleh atas berkat dari seseorang yang
memiliki sahala hamoraon. Kekuasaan akan dimiliki atas berkat dari orang yang
memiliki sahala harajaon. Demikian juga dengan berbagai berkat lainnya.
B. Keberadaan dan Status Orang Mati
Para missionaris yang memberitakan Injil di tanah Batak mendapatkan eksan
yang mendalam akan ketakutan orang Batak terhadap keberadaan berbagai orh-roh,
ang dapat mengancam kesejahteraan kehidupannya. Di antara roh-roh itu ada yang
berasal dari setan-setan yang memiliki sifat jahat (roh jahat), ataupun berasal dari
roh manudia atau keluarganya yang telah mati. Roh orang yang mati kecelakaan
(mati sehari), mati bunuh diri sangat ditakuti oleh orang Batak. Namun pada sisi
lain, ada juga jenis roh orang mati yang dapat memberikan manfaat baik dalam
kehidupan manusia.
Contohnya di desa Paropo, di Silalahi Nabolak, ada sebuah mata air yang
memiliki tujuh buah pancuran (pansur napitu). Disini berdiam tujuh roh yang disebut
boru Situngkir, yang berasal dari tujuh boru Situngkir yang bunuh diri. Bunuh diri
massal dilakukan sebagai wujud solidaritas kepada salah seorang dari mereka yang
dipaksa untuk menikah dengan orang yang tidak disukainya. Ketujuh roh ini sering
memberikan bantuan kepada penduduk disekitar itu. Pansur napitu ini merupakan
tempat yang dianggap keramat oleh penduduk setampat, dan mereka memilik aneka
macam cerita tentang pengalaman orang yang pernah pergi kesana, yang
berhubungan dengan roh itu.
Kematian merupakan perpindahan hidup dari dunia fisik ke dalam dunia
kematian. Pada masa peralihan ini, maka roh orang mati (begu na mate) itu harus
dijaga keselamatannya dari segala gangguan roh-roh jahat. Tarian tortor yang
dilakukan di sekeliling mayat (manortori bangke) bertujuan agar sahala Mulajadi
Nabolon memberikan perlindungan, sehingga roh itu dapat memasuki dunia orang
mati dengan selamat.
Karena itu penguburan mayat secara adat Batak merupaka syarat utama bagi
keselamatan roh orang mati di dalam perjalanan memasuki masyrakat roh.
Sebelum orang mati, upacara adat oleh keturunannya dinamai “manulangi”
(memberi makan, menyulangi). Upacara ini bertujuan untuk mempersiapkan
seorang yang sudah tua, dan diperkirakan tidak lama lagi akan mati untuk
menghadapi kematian. Wajar saja, jikalau orang Batak sangat ketakutan jikalau
anggota keluarga apalagi orangtuanya yang mati tidak dikuburkan secara adat atau
agama Batak.
Kebahagian orang mati didapat jika rohnya dapat memasuki persekutuan dengan
roh-roh leluhurnya dengan selamat. Kebahagiaan itu dinikmati terutama oleh
seseorang yang mati dalam kondisi sarimatua (telah memiliki cucu laki-laki dan
perempuan). Sebaliknya, orang yang mati denga tidak mempunyai anak atau
mandul (na mate punu) tidak dapat memasuki persekutuan dengan roh leluhurnya.
Dia akan ditolak karena dianggap sebagai pembawa sial karenanya tidak ada
keturunan yang akan menyelenggarakan upacara adat baginya. Akibatnya roh itu
akan hidup terkucil, kesepian dan menjadi roh gentayangan.
Vergouwen menjelaskan bahwa pada masa dahulu di daerah Toba, keluarga
terdekat dari orang mati yang tidak berketurunan akan membuatkan sebuah rumahrumah
kecil (joro) dikuburannya sebagai tempat tinggal dari roh (begu) itu, sehingga
ia tidak perlu lagi gentayangan kesana kemari. Pembuatan joro ini merupakan
penghormatan terakhir yang diberikan oleh keluarga terdekat kepada roh itu.
Kebahagiaan roh itu juga akan ditentukan dengan penghormatan yang akan
diterimanya di dunia orang mati. Penghormatan ini sangat ditentukan leh
pelaksanaan penguburan secara upcara adat (agama leluhur) yang dilakukan oleh
keturunannya yang hidup di dunia. Kalau acara penguburannya dilakukan dengan
upacara adat yang lengkap, maka di dunia kematian ia akan diterima dengan
kedudukan yang mulia (sangap). Kalau tidak, maka roh itu tidak akan menerima
tempat yang mulia di tengah-tengah roh-roh orang mati. Kemuliaan upacara
kematian ini ditentukan oleh banyaknya orang yang hadir, hewan yang disembelih,
semaraknya tortor dan gondang, dan lamanya upacar diselenggarakan.
Jadi kemuliaan dan kemegahan upacara kematian akan dinikmati kedua belah
pihak. Pertama oleh orang mati ditengah-tengah dunia orang mati. Kedua dinikmati
oleh keluarganya yang menyelenggarakan upacara itu ditengah-tengah masyarakat
yang hidup. Kemuliaan yang diterima oleh roh (begu) itu diberikan karena melalui
upacara itu dia diakui memiliki kekuatan sahala yang besar. Kekuatan sahalanya
itulah yang memungkinkan para keturunannya untuk dapat menyelenggarakan
upacara adat yang megah dan besar.
Dengan demikian kita mengerti bahwa pelaksanaan upacara adat yang
berhubungan dengan kematian merupakan bentuk penghormatan yang diberikan
oleh manusia kepada roh orang tua atau leluhurnya yang telah mati. Karena itu
bnayak orang Batak yang menafsirkan bahwa Hukum Taurat kelima diartikan
merupakan perintah Tuhan untuk memberikan penghormatan kepada roh orang tua
yang telah mati yang harus dilaksanakan melalui sarana upacara agama Batak.
Padahal, perintah itu hanya dimaksudkan untuk menghormati orang tua semasa
mereka masih hidup di dunia saja. Inilah salah satu bentuk sinkretisasi
(pencampuran) antara hukum Tuhan dengan ajaran Hasiplebeguon.
Dalam agama Batak, status kehormatan yang dimiliki oleh suatu roh tidaklah
bersifat statis. Status dan kehormatan dapat ditingkatkan lagi lebih keatas.
Peningkatan kemuliaan akan didapatkan oleh roh itu apabila dia memiliki status
“sumangot”. Status sumangot akan dimilikinya apabila para keturunannya telah
membuatkan sebuah makan permanen yang dipahat dari batu atau dibuat dari
semen yang kemudian dihiasi dengan keramik dengan segala tambahannya. Apda
tempat yang baru itu kemudian dimasukkan tulang belulang (saring-saring) dari
roang mati tadi.
Tulang-belulang itu digali dari kuburannya di dalam tanah melalui upacara yang
dinamakan “mangongkal holi” (menggali tulang belulang). Pada masa dulu, bagi
raja-raja yang hidupnya sangat terhormat (na sangap), upacara untuk memasukkan
tulang-belulangnya ke makan batu dinamakan “horja turun”. Acara ini ditandai
dengan pelaksanaan pesta yang besar. Mayatnya dimasukkan pada suatu peti yang
terbuka dan dibiarkan membusuk dalam beberapa waktu hingga tinggal tulangbelulangnya
saja. sEtelah itu baru dipindahkan ke makam yang permanen.
Penaikkan tulang-belulang dari dalam tanah kepada tempat yang tersedia di
makam batu itu merupakan lambang pemberian penghormatan yang lebih tinggi
kepada roh orang tua. Kemegahan sebuah kuburan merupakan lambang kemuliaan
yang diterima oleh roh orang tua di dunia orang mati. Bagi keturunannya,
kemegahan makam itu merupakna simbol gengsi sosial di tengah-tengah
masyarakat Batak lainnya. Akrena itu masing-masing kelaurga berlomba-lomba
untuk membuat kuburan yang megah, tidak mau kalah denga keluarga lainnya.
Perlombaan ini dimungkinkan lagi oleh sifat sombong (hatealon) yang masih
menguasai banyak roang Atak.
Kuburan-kuburan megah itu bukan hanya tempat menyimpan kerangka tulang
luluhur. Kuburan megah itu juga merupakan simbol kehadiran sumangot itu di dalam
kehidupan keturunannya. Kuburan itu merupakan tanda ikatan persekutuan antara
roh orangtua dengan keturunannya. Kuburan tersebut merupakan pusat kekuatan
dari roh orang mati di dalam menjamin berkat dan keberhasilan kepada para
keturunannya.
Status tertinggi yang bisa didapat oleh suatu roh adalah status “sombaon”
(sembahan). Status ini menempatkan kedudukan roh orang mati setingkat dibawah
dewa (Debata). Dalam kedudukan seperti ini maka roh tadi akan menjadi pusat
pemujaan dari keturunannya. Dalam doa (tonggo-tonggo) dia akan dipanggil setelah
Debata, dan kepadanya dimhonkan berkat bagi keberhasilan dan kesehatan seluruh
keturunannya. Peningkatan kepada status ini hanya diberikan apabila keturunannya
telah berkembang menjadi suatu marga atau cabang marga. Dengan kekayaan yang
telah dimiliki mereka telah sanggup untuk melalukan suatu upacara yang sangat
besar, dan dilaksanakan dalam waktu yang cukup panjang. Peningkatan status ini
dilaksanakan dalam suatu upacara yang dinamakan "“santi rea”.
Upacara ini telah dilarang oleh pemerintah Hindia Belanda. Pelarangan ini tidak
berarti bahwa secara otomatis segala keyakinan yang mendasari upacara itu turut
hilang. Keyakinan itu tetap hidup dalam hati banyak orang Batak dan pada tahuntahun
belakangan muncul dalam bentuk baru. Bentuk baru pemujaan roh bapa
leluhur ini muncul dalam maraknya pendirian tugu-tugu marga di daerah Tapanuli
Utara.
C. Jalan Berkat dari Roh Orang Mati
Pembangunan makam yang megah beserta upacara adatnya merupakan bentuk
penghormatan yang diberikan oleh manusia kepada roh orang mati. Pada sisi lain
pembangunan makam yang megah itu merupakan lambang dari berkat yang telah
diberikan oleh sahala roh orang mati tadi kepada keturunannya yang masih hidup.
Kehormatan yang diterima melalui upacara adat yang dilakukan keturunannya di
dunia, akan menambah kekuatan sahala roh itu, untuk dapat lebih memberkati lagi
keturunannya. Semakin tinggi status yang dimiliki oleh roh itu, maka kekuatan
sahalanyapun akan semakin besar. Karena melalui upacara adat yang dilakukan,
maka Mulajadi Nabolon akan menambahkan “daya hidup” kepasa sahala roh orang
mati itu.
Dalam upacara manulangi, pembarian makanan oleh keturunan merupakan
pengalihan daya hidup kepada tondi orang tua sehingga dia memiliki kekuatan dalam
menjalani perjalanan menuju alam kematian. Kekuatan itu akan semakin bertambah
melalui pasu-pasu yang diberikan oleh hulahula dalam upacara kematian, sehingga
roh orang itu dapat memasuki dunia orang mati dengan selamat dan mendapatkan
kehormatan dan kemuliaan disana. Kekuatan baru yang didapat oleh sahala roh tadi
akan memungkinkan dia untuk memberika berkat yang lebih besat kepada
keturunannya di dunia di hari-hari mendatang.
Jadi penghormatan kepada roh orang mati melalui upacara adat, merupakan
jalan bagi keturunannya untuk mendapatkan berkat dari sahala orang tua yang telah
mati. Dalam upacara kematian, keinginan untuk mendapatkan berkat dari roh orang
mati itu dilakukan dengan melakukan suatu geaekan yang dinamakan mangondasi,
yaitu seluruh keturunan mengelilingi orang mati itu sambil melakukan tarian (tortor).
Dalam tarian itu merekan melakukan suatu gerakan dengan merentangkan tangan
terbuka seperti orang yang sedang meminta ke arah mayat yang terbaring itu.
Setelah itu maka tangan itu kemudian ditarik kearah jantung si penari dengan cara
melakukannya berulang kali.
Gerakan mangondasi merupakan suatu cara untuk mendapatkan berkat dari
sahala orang mati. Gerakan itu merupakan lambang dari pengalihan daya hidup dari
sahala yang mati itu kepada si penari. Gerakan mangondasi masih sering dilakukan
oleh orang Batak Kristen. Gerakan itu dilakukan anggota keluarga yang ditinggal
mati sambil menyanyikan lagu-lagu gereja.
Sebaliknya perlakukan yang tidak baik kepada roh orang mati akan membuatnya
marah (sumangot na tarrimas), sehingga dia akan mendatangkan penyakit, kesialan,
kegagalan, kesusahan, malapetaka bahkan kematian bagi keturunannya. Kalau roh
orang mati diabaikan oleh keturunannya, roh itu biasanya akan menyampaikan
peringatan kepada keturunannya untuk memperhatikan keberadaan roh itu.
Peringatan sering diberikan dalam bentuk mimpin yang dialami oleh salah
seorang anak atau oleh keturunannya yang lain, dalam mimpi itu roh tadi
menyampaikan keprihatinannya akan sikap mereka yang kurang memperhatikan
keberadaannya, baik itu karena mereka tidak membuatkan kuburan yang permanen
atau karena berbagai sebab lainnya. Dalam mimpi, sering diberikan juga petunjuk
tentang apa yang harus dilakukan oleh mereka. Pembangunan tugu beberapa marga
juga da yang didorong oleh mimpi yang dialami oleh roang-orang tertentu.
Peringatan roh orang mati bisa juga diberikan berdasarkan petunjuk seorang
datu. Ketika satu kelaurga meminta pertolongan datu untuk menyelesaikan suatu
persoalan mereka, maka datu memberikan analisa tentang penyebab situasi yang
dialami oleh si pasien. Kalau kondisi itu disebabkan oleh oleh roh orang tua, kakek
yang marah. Maka biasanya datu memberikan petunjuk tentang upacara-upacara
yang harus mereka lakukan.
Jadi dalam upacara yang berhubungan dengan orang mati, terjalin suatu
hubungan yang saling menguntungkan antara manusia yang hidup dengan roh orang
mati. Roh orang mati membutuhkan penghormatan dan kemuliaan, manusia yang
hidup membutuhkan berkat dari roh orang mati. Inilah tatanan rohani yang telah
ditetapkan oleh roh sembahan leluhur Batak.
Dalam tatanan ini kita dapat melihat bahwa upacara adat yang berhubungan
dengan kematian, pada hakikatnya merupakan sarana untuk menjalin suatu
persekutuan antara manusia yang hidup dengan manusia yang mati, persekutuan
antara roh orang tua dengan anak-anak atau keturunannya yang ada di dunia. Jadi
persekutuan adat Batak merupakansarana dimana para debata, roh-roh orang tua,
roh-roh bapa leluhur (begu, sumangot, sombaon), menjalin persekutuan dengan
manusia yang hidup di dunia.
Lebih tegas lagi, upacara adat Batak yang berhubungan dengan orang mati
adalah persekutuan manusia yang hidup dengan Iblis dan para roh jahat. Iblis
membutuhkan penghormatan dari manusia, dan manusia membutuhkan berkat dari
Iblis. Iblis memberikan berkatnya kepada manusia dengan tujuan agar manusia
menyembah dan memulikan dirinya, walaupun dilakukan dengan cara menipu
manusia itu dengan mengaku sebagai roh orang tuanya yang telah mati. Manusia
memberikan penghormatan kepada roh orang tua dengan tujuan mendapatkan
berkat darinya, walaupun manusia tidak tahu bahwa roh itu sebenarnya adalah
malaikat iblis.
D. Motivasi Pembangunan Tugu
Dalam konteks masyarakat Kristen sekarang, maka tidak mungkin bagi orang
Batak untuk kembali melakukan pemujaan roh-roh bapa leluhur dengan cara seperti
dahulu. Cara itu pasti akan sangat ditentang oleh gereja. Pembangunan tugu-tugu
marga merupakan cara baru yang dilakukan oleh orang Batak di dalam
mengekspresikan keyakinan hasipelebeguon yang belum dikikis oleh gereja dari hati
roang Batak. Hal ini menunjukkan bahwa roh-roh leluhur (malaikat iblis) tetap
berupaya agar orang-orang Batak Kristen tetap melakukan penghormatan dan
pemujaan kepadanya. Iblis memberikan gagasan baru di ahti orang-orang yang
berpengaruh untuk membaut bentuk pemujaan baru kepadanya.
Benarkah pembangunan tugu tidak melanggar Firman Tuhan? Persoalannya
terletak dpada bentuk dan sumber keyakinan dasar yang tertanam di dalam hati
orang yang melaksanakannya dan tujuan yang hendak dicapai dalam aktivitas itu.
Akar persoalannya akan lebih mudah lagi dibongkar dengan mengajukan suatu
pertanyaan, bagaimana kalau tugu itu tidak dibangun? Apakah reaksi dari orangorang
itu, dan menurut mereka apakah akibatnya terhadap mereka apabila tugu itu
tidak dibangun?
Contohnya kasus Daud yang melakukan sensus terhadap rakyatnya. Pelaksanaan
sensus itu biasa dilakukan oleh pada penguasa dahulu, maupun pada zaman
sekarang. Negara kita pun juga melaksanakannya. Sensus penduduk yang dilakukan
oleh Daud menjadi suatu kejahatan dihadapan Tuhan, karena sumber gagasan itu
berasal dari Iblis. Iblis memiliki tujuan tertentu di dalam menaruh suatu gagasan di
hati dan pikiran manusia. Dalam kasus Daud, gagasan dari Iblis akhirnya
menimbulkan suatu kesombongan di hati Daud sehingga ia dan bangsa Israel
dihukum dengan keras oleh Tuhan. Alkitab mencatatnya dalam 1 Tawarikh 21:
“Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung
orang Israel (1) Tetapi hal itu jahat di mata Tuhan, sebab itu dihajar-Nya orang
Israel” (7)….Jadi TUHAN mendatangkan penyakit sampar kepada orang Israel, maka
tewaslah dari orang Israel tujuh puluh ribu orang” (14).
D.1. Pemujaan Roh Bapa Leluhur
Tahun 1950-an merupakan awal migrasi besar-besaran yang dilakukan oleh
orang Batak keluar dari Tapanuli Utara (bona pasogit). Migrasi orang Batak banyak
diarahkan ke daerah-daerah di Sumatera Timur dan pulau Jawa. Migrasi ini
kemudian bergerak terus ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia sehingga orang
Batak dapat dijumpai di berbagai tempat di seluruh Indonesia.
Semangat untuk mencapai kekayaan, keberhasilan dan kemuliaan telah
menjadi suatu penggerak besar bagi mereka untuk mencapai kemajuan hidup di
segala bidang. Semangat ini juga membentuk kegigihan bagi roang Batak untuk
memperjuangkan segala yang dicita-citakannya. Dalam bisang pertanian,
keberadaan sawah-sawah yang sanagt luas di daerah sepanjang pantai timur
Sumatera Utara merupakan bukti kegigihan orang Batak di dalam bertani. Dalam
beberapa tahun kemudian orang Batak mulai menikmati keberhasilan dari usaha
jerih payahnya. Keberhasilan itu diraih dalam berbadai bidang lapangan pekerjaan,
baik itu di pemerintahan, perdagangan, pendidikan, kemiliteran, eprtanian dan lainlain.
Sebagai masyarakat yang religius, keberhasilan ini menimbulkan dorongan
untuk memberikan upacara ucapan terima kasih sesuai denga keyakinan agamanya.
Sayangnya, keyakian agama leluhur Batak yang masih mengental kuat dan belum
dikikid dari dalam ahti oleh pelayanan gereja, telah membuat orang Batak kembali
kepada keyakinan religius leluhur yang disesuaikan dengan kondisi Kekristenan.
Ucapan syukur tidak diberikan kepada Bapa Sorgawi di dalam Yesus Kristus.
Keberhasilan itu membuat orang Batak kembali melakukan pemujaan kepada
roh-roh leluhur atas segala berkat yang telah diberikan kepada keturunannya.
Pemujaan adalah benatuk penghormatan tertinggi yang diberikan kepada roh orang
mati. Pemujaan kepada roh leluhur dilakukan dengan membangun tugu marga bapa
leluhur itu. Mereka menganggap pembangunan tugu merupakan cara yang paling
aman di dalam merealisasikan keyakinan religius lamanya ditengah-tengah
masyarakat Kristen. Pemujaan dianggap bukan merupakan penyembahan kepada
roh leluhur. Padalah pemujaan dan penyembahan merupakan suatu tindakan
yang sama-sama berhubungan dengan roh orang mati. Semuanya ditentang
oleh Firman TUHAN.
Pembangunan tugu marga dilakukan oleh seluruh keturunan marga induk
dimana saja mereka berada. Contohnya: marga Silalahi. Marga ini memiliki delapan
cabang induk marga, yaitu Sihaloho, Situngkir, Sondiraja, Sidabariba, Sidebang,
Sinabutar, Pintu Batu dan Tambunan. Bapa leluhur dari seluruh cabang marga ini
adalah Raja Silahi Sabungan. Tugu yang dibangun bernama tugu Silahi Sabungan
atau tugu Silalahi, dan dibangun di desa Silalahi, daerah Silalahi Nabolak.
Tugu pemujaan leluhur dibangun tinggi menjulang dengan berbagai macam
model sesuai dengan keinginan hati masing-masing marga. Pembangunan ini
dilkukan dengan mengumpulkan dana (tumpak) dari seluruh keturunan marga,
melalui “punguan marga” yang ada di berbagai kota-kota maupun yang ada di desadesa,
baik mereka yang ada di bona pasogit, maupun bagi mereka yang ada di
perantauan (parserahan).
Dalam tugu itu mereka mempersiapkan tempat bagi tulang belulang (saringsaring)
bapa leluhur marganya. Sebelum tulang belulang bapa leluhur dipindahkan,
maka mereka biasanya mempergunakan jasa-jasa datu untuk menemukan letak
kuburannya yang sebenarnya, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam acara
mangongkal holi, karena kesalahan itu bisa menimbulkan amarah dari “sumangot”
bapa leluhur marga itu.
Kemegahan dan besarnya biasa dari pesta tugu merupakan tanda dari
banyaknya apsu-pasu atau berkat yang diterima oleh keturunan suatu marga dari
roh bapa leluhurnya. Seluruh berkat itu melambangkan kehebatan dan kebesaran
dari sahala roh tersebut, sehinggasudahlah pantas bisa kepada roh tersebut
diberikan tempat terhormat baginya, sebagai ungkapan terima kasih dari seluruh
keturunannya (pinomparna).
Peletakan saring-saring leluhur berarti memberikan tempat yang sangat
terhormat kepada roh leluhur itu dihadapan berbagai roh-roh orang mati lainnya,
maupun dihadapan persekutuan masyarakat Batak di dunia. Inilah bentuk kemuliaan
(hasangapon) yang diberikan oleh keturunan suatu marga kepada leluhurnya.
Seluruh tumpak (sumbangan) yang diberikan oleh segenap keturunan marga
itu merupakan pengalihan sebagian dari daya hidup yang mereka miliki kepada roh
bapa leluhurnya. Pemberian tudu-tudu sipanganon, baik itu berupa kerbau atau babi
yang disembelih kepada pihak hula-hula marga, merupakan tanda persembahan dan
penaklukan seluruh keturunan itu kepada Debata, yang merupakan asal roh dari
bapa leluhur mereka. Dengan persembahan itu, dimohonkan berkat yang jauh lebih
besar lagi dari Debata dan sahala leluhur itu kepada seluruh keturunan marga
tersebut.
Pada peresmian tugu, dipanjatkan beberapa tonggo kepada Debata Mulajadi
Nabolon, agar mendatangkan roh leluhur itu ke tugunya, contohnya:
“Ditonggo asa diparo Mulajadi Nabolon, tondi ni ompu tu tuguna”
binahen saring-saring ni amanta on
tu tambak na guminjang
tu ginjang ma parhorasan
ba, tu ginjang ma panggabean
patumpahon ni ompunta martua debata
dohot tumpahon ni tondi ni
angka raja di loloan
artinya:
Dengan ditaruhnya tulang belulang bapak ini,
ke kuburan atau tugu yang tinggi
kiranya meningkatlah kemakmuran, keberhasilan dan kesejahteraan,
yang dikerjakan oleh Debata yang berbahagia,
dan disokong oleh roh-roh para raja yang hadir disini.
Pembangunan tugu yang menjulang tinggi mencerminkan keinginan dari
seluruh keturunan marga itu, agar semakin tinggi berkat yang diberikan oleh Debata
kepada mereka. Ketinggian tugu mencerminkan tingginya harapan orang Batak akan
berkat yang hendak dilimpahkan oleh roh bapa leluhurnya. Ketinggian tugu berarti
juga besarnya harapan orang Batak agar generasi penerusnya (pomparan) memiliki
“kehebatan” yang jauh lebih besar dari mereka. Inilah falsafah hidup orang Batak.
Falsafah hidup yang menginginkan keadaan generasi penerusnya jauh lebih
hebat dari generasi sebelumnya dapat kita lihat dalam struktur rumah adat Batak.
Bagian ujung belakang atap rumah adat Batak yang asli dibuat lebih tinggi daripada
bagian ujung atap bagian depan. Ketinggian ujung atap rumah bagian belakang
inilah yang mencerminkan pengharapan orang Batak, agar generasi di belakang
(pomparan na di pudi) mencapai kehidupan yang jauh lebih tinggi dari yang telah
dicapai leluhurnya. Atap rumah adat Batak yang dijumpai sekarang umumnya
memiliki ketinggian yang sama antara depan dan belakang.
Dipandang dari sisi cita-cita hidup orang Batak, maka ketinggian tugu juga
berarti ketinggian atau kehebatan hidup yang sudah dicapai oleh pomparan bapa
leluhur marga itu di dunia. Jadi pembangunan tugu merupakan simbol baru dari
pemujaan kepada roh leluhur yang dilakukan oleh orang Batak sekarang.
Kemegahan tugu merupakan pameran akan “kehebatan” dari pompana marga yang
dicapai atas berkat leluhur di hadapan marga-marga lainnya. Karena sifat
keangkuhan, dengki, iri (hatealon, hahosomon) orang Batak, maka marga-marga
lainpun terpancing untuk memamerkan kehebatan marga mereka.
Pengharapan untuk mendapatkan lebih banyak berkat dari leluhur inilah yang
mneyebabkan masih banyak dijumpai orang-orang yang meletakkan sirih ataupun
makanan di bagian tertentu dari tugu itu. Peletakan itu diiringi dengan permohonan
doa yang disampaikannya kepda roh leluhurnya. Banyak juga yang datang khusus
untuk berdoa meminta berkat di depan tugu leluhur. Dalam observasi di perayaan
perta tahunan di tugu Silalahi, penulis melihat banyak dari keturunan marga Silalahi
yang berada di perantauan pulang dengan membawa air tao Silalahi (danau Toba),
yang persis berada di depan tugu itu. Mereka sangat meyakini, jikalau meminum air
itu mereka akan memperoleh berkat dari roh leluhurnya. Bahkan, ada juga di antara
mereka yang melakukan itu memiliki pendidikan yang relatif tinggi.
D.2. Pameran Gengsi Sosial
Hamoraon, hasangapon, dan hagabeon (kekayaan, kemuliaan dan
keberhasilan) merupakan hal-hal yang sangat diidam-idamkan orang Batak.
Ketaatan melaksanakan berbagai upcara adat merupakan cara yang harus ditempuh
untuk menjamint tercapainya tujuan dimaksud. Dengan melakukan pemujaan
kepada roh dari para leluhurnya, maka roh-roh tersebut akan memberkati segala
yang dikerjakannya.
Kemegahan tugu dan besarnya biaya pesta tugu merupakan sarana marga itu
untuk menunjukkan kehebatan mereka dihadapan marga lainnya. Orang Batak
sangat bersemangat untuk menunjukkan kehebatan masing-masing marga mereka.
Kemegahan tugu merupkan sarana untuk menunjukkan ketinggian gengsi sosial
(social prestige) terhadap marga-marga lainnya. Cara tersebut ditempuh sebagai
salah satu jalan untuk memperoleh pengakuan dari marga lain akan kehebatan atau
kemuliaan marganya.
Mereka sangat ingin menunjukkan bahwa dari keturunan marganya telah
banyak yang memiliki pendidikan sangat tinggi, kekayaan yang banyak, jabatan
tinggi, dan berbagai kehebatan lainnya. Bagi orang yang berada di perantauan,
keikutsertaan mereka ke dalam acara pesta tugu itu, juga merupakan kesempatan
untuk memamerkan kehebatan dan keberhasilan mereka di perantauan, kepada
kerabat marga mereka yang berada di bona pasogit.
Semangat melakukan “pameran gengsi sosial” ini telah menimbulkan
perlombaan di tengah-tengah orang Batak untuk melaksanakan pesta pembautan
tugu marganya dengan sehebat mungkin. Mereka ingin menunjukkan bahwa
marganya tidak kalah dengan marga-marga lainnya, bahkan kalau bisa
menunjukkan bahwa marga mereka jauh lebih hebat dari marga lainnya. Bona
pasogit dijadikan arena pameran kehebatan suatu marga kepada marga lainnya.
Semangat ini dipacu oleh penyakit buruk orang Batak yang lazim dikenal dengan
akronim HOTEL (hosom, teal, elat dan late) atau istilah yang baru AIDS (angkuh, iri,
dengki dan sombong). Keberhasilan orang Batak sangat jarang dipakau untuk
membagun bona pasogit, tetapi justru untuk menambang dosa di bona pasogit.
D.3. Penguatan Ikatan Persekutuan
Pesta tugu juga merupakan sarana untuk meneguhkan kembali ikatan rohani
atau persekutuan antara seluruh keturunan marga, menguatkankan rasa solidaritas
marga. Perjumpaan antara sesama marga di bona pasogit diharapkan akan
mempererat ikatan yang sudah mulai longgar. Pesta itu merupakan tempat bagi
orang yang sudah hidup berjauhan selama ini untuk saling mengenal antara satu
keturunan dengan keturunan lainnya. Ikatan dan rasa solidaritas marga pada orang
Batak terkenal sangat kuat dan kekuatan ikatan itu sangat terlihat di dalam
pertemuan teman semarga di daerah perantauan.
Sejak tahun lima puluhan terjadi arus migrasi yang cukup besar dari orang
Batak, yang keluar dari bona pasogit. Perserakan (parserahan) dari orang Batak ke
berbagai wilayah di Indonesia dapat mengendorkan ikatan rohani dan rasa
solidaritas di antara sesama keturunan marga. Di samping itu mereka bisa
kehilangan identitas diri sebagai orang Batak, karena perjuangan hidup yang berat di
tengah-tengah suku-suku bangsa lainnya. Karena itu mereka perlu mengenal asal
muasal leluhurnya.
Pesta tugu bukan hanya menguatkan ikatan rohani di antara sesama marga,
tetapi juga meneguhkan kembali ikatan persekutuan antara seluruh keturunan
marga itu, dengan para roh leluhur marga mereka. Persekutuan masyarakat Batak
dengan roh-roh leluhurnya yang telah mati, kemudian diteguhkan kembali dalam diri
generasi yang hidup jauh di masa belakang. Peneguhan itu dilaksanakan dalam
rangkaian acara adat yang ada di dalamnya. Pada saat seseorang terlibat dalam
rangkaian acara adat itu, ikatan itu diteguhkan kembali. Maka seluruh keturunan dari
marga yang mengikuti pesta tugu itu telah diteguhkan kembali ikatan dirinya dengan
seluruh roh leluhurnya.
Ikatan inilah yang kemudian akan menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi di
antara sesama keturunan satu marga, dan memberikan kebanggaan terhadap marga
yang mereka miliki. Tetapi yang lebih penting lagi, seluruh keturunan bapa leluhur
diteguhkan lagi ikatan rohaninya dengan roh leluhur itu. Dengan demikian pada
waktu-waktu mendatang mereka akan kembali untuk melakukan upacara adat yang
menyatakan pemujaannya atas seluruh berkat leluhur yang telah diterimanya.
E. Pandangan Injil Atas Eksistensi Tugu dan Kuburan Megah
Injil menegaskan bahwa tidak ada hubungan antara orang yang hidup dengan
roh orang mati. Ketegasan ini dapat kita lihat dari pengajaran yang Tuhan Yesus
berikan, di dalam kisah Lazarus dengan orang kaya (Lukas 16:19-31). Dalam
pengajaran ini disampaikan beberapa kebenaran Injil:
i. Setelah kematian hanya ada dua tempat yang diiperuntukkan bagi
manusia, satu di sorga (22) (pangkuan Abraham, Matius 8:11), dan satu
lagi di alam maut, suatu tempat penampungan sementara bagi orang
yang tidak percaya kepada Yesus menjelang pengadilan akhir zaman.
Tempat ini kondisinya sangat panas dan menyengsarakan (23), apalagi
nanti kalau mereka berada di neraka.
ii. Tidak ada perpindahan manusia dari sorga ke alam maut, dan dari alam
maut ke sorga. Antara keduanya terdapat jurang yang tak terseberangi
(26). Orang kaya itu tidak bisa berpindah ke tempat Lazarus, dan
Lazaruspun tidak dapat datang ke tempat orang kaya itu, karena itu
seseorang yang telah mati nasibnya di alam sana tidak ditentukan oleh
upacara adat yang dilakukan oleh kelaurga atau keturunannya. Nasib
seseorang ditentukan oleh apakah dia benar-benar beriman kepada
TUHAN, melalui anakNya Yesus Kristus. Kalau Tuhan menilai dia seorang
yang beriman (bukan cuma pengakuan diri sendiri), maka Kerajaan Sorga
adalah tempat kebahagiaannya, kalau tidak alam maut dengan segala
penderitaannya adalah bahagian yang tidak dapat ditolak lagi. Tidak ada
perpindahan tempat seperti yang dipahami oleh ajaran diluar Kristus.
iii. Orang yang telah mati tidak dapat pergi ke dalam alam dunia orang hidup
(28-29). Lazarus tidak dapat pergi ke dunia untuk memenuhi permintaan
orang kaya itu guna memperingati saudaranya yang masih di dunia, agar
mereka jangan ikut masuk ke dalam tempat penderitaan itu. Karena itu,
semua roh-roh yang datang kepada manusia, dengan mengaku sebagai
orang tua atau keluarga yang telah mati adalah kebohongan besar yang
dibuat oleh iblis saja. Roh yang datang itu adalah roh jahat yang datang
menyamar dan mengaku sebagai orang mati itu, dengan meniru-niru
tingkah lakunya.
iv. Tidak ada hal apapun yang dapat merubah nasib orang kaya itu setelah
dia berada di alam maut. Karena itu tidak ada apapun yang dapat
dilakukan oleh manudia di dunia terhadap roh anggota keluarga yang
telah mati. Bahkan doa yang dipanjatkan keturunannya tidak dapat
mempengaruhi apapun juga atas nasib orang itu. Penghormatan terhadap
orang mati yang dilakukan melalui upacara adat Batak pada intinya tidak
dilihat dan tidak diketahui oleh roh itu. Penghormatan itu tidak pernah
dinimkati oleh roh leluhur, tetapi oleh “roh lain” yang telah
mengajarkannya yang turut hadir dalam upacara itu. Penghormatan itu
tidak merubah apapun terhadap nasibnya disana. Dikuburkan ataupun
tidak dikuburkan secara adat tidak mengubah apapun juga atas nasib
orang itu di dunia sana. Penghormatan yang diberikan melalui upacara
adat sebenarnya adalah penghormatan yang diberikan kepada roh
sembahan leluhur alias Iblis dengan cara menipu kita orang Batak.
Apakah anda betul-betul mau menyembah malaikat Iblis?
v. Kalau manusia tidak percaya kepada Firman yang telah dituliskan oleh
para nabi, maka tidak ada jalan lain bagi manusia untuk dapat
diselamatkan oleh TUHAN (29). Alkitab menyaksikan bhawa Yesuslah
satu-satunya jalan agar manusia dapat diselamatkan dan beroleh berkat
dari TUHAN. Upacara adat bukanlah jalan agar manusia dapat
diselamatkan, baik selama manusia itu berada di dunia maupun setelah
manusia itu meninggalkan dunia ini.
Karena tidak ada hubungan antara manusia yang hidup dengan roh orang mati,
maka segala bentuk aktivitas manusia di kuburan yang berhubungan dengan roh
orang mati adalah dosa dan kesia-siaan di hadapan Tuhan. Lagipula Alkitab sudah
mewaspadakan kita untuk tidak melakukan hal itu, karena kuburan adalah tempat
Iblis dicampakkan oleh TUHAN di dunia.
“Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, Putera Fajar, engkau
sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!…ke
dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ketempat yang paling dalam di liang
kubur”. (Yesaya14:12, 15).
Anda yang masih suka melakukan upacara adat yang berhubungan dengan orang
mati, dan masih suka berziarah ke kuburan, berjaga-jagalah. Kebiasaan berziarah ke
kuburan itu berasal dari agama lain diluar Kristus. Sebagai pengikut Yesus, tidak
perlu kita berziarah ke kuburan keluarga. Kalau orang tua atau kelaurga kita
beriman kepada Yesus, maka mereka telah berada dalam kebahagiaan Bapa di
Surga, untuk apalagi kita ke sana, karena yang tinggal di kuburan itu adalah roh-roh
jahat saja. Anda sudah menjalin hubungan dengan iblis dan roh-roh jahat. Satu
kebenaran lagi penting untuk ditulis dalam markus 5:2, 5, 10;
“Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan eoh
jahat dari pekuburan menemui Dia…(2) Siang malam ia berkeliaran di
pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak…(5)…Ia (Legion) memohin
dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh (sangat banyak
jumlahnya) itu keluar dari daerah (pekuburan) itu (10).
Dari ayat itu kita mengetahui, bahwa orang gila itu dirasuki oleh roh-roh jahat,
yang berasal dari kuburan (2). Kecenderungan dari orang yang sudah dirasuki oleh
roh kuburan adalah suka pergi ke kuburan, dan suka mengurus hal-hal yang
berhubungan dengan upacara adat bagi orang yang telah mati (5). Mungkin
jumlahnya belum ribuan, sehingga orang itu belum menjadi gila seperti cerita di
atas.
Roh-roh jahat tersebut meminta agar mereka tidak diusir oleh Tuhan Yesus
keluar dari daerah pekuburan (10). Jadi kuburan tetap menjadi wilayah kediaman
mereka. Apakah anda sudah dirasuki oleh roh-roh jahat dari kuburan? Apakah anda
suka dan pernah mengurus segala upacara adat yang berhubungan dengan orang
mati, kuburan dan tugu? Sekali saja anda melakukannya, hati anda telah didiami
oleh roh-roh jahat. Roh-roh jahat inilah yang senantiasa menarik hati orang Batak
untuk tetap melakukan acara yang berhubungan dengan orang mati, termasuk di
kuburan. Hanya Tuhan Yesus yang dapat melepaskan adan dari ikatan si Iblis dan
mengeyahkannya dari hatimu.
Pertanyaan yang mungkin muncul dalam hati kita, apakah yang harus dilakukan
seandainya ada keluarga kita yang meninggal? Jawabannya sederhana. Cukup
dikuburkan secara kegerejaan saja. Supaya tidak repot-repot, kuburan itu disemen
dengan sederhana saja, sehingga kita tidak perlu bolak-balik kesana lagi, dan
terjebak dengan spiritisme (berhubungan dengan roh jahat). Yang penting, keluarga
yang ditinggalkan itulah yang harus dihibur dan dikuatkan dengan doa dan Firman
Tuhan.
Kalau yang meninggal adalah orang tua kita, maka dengan melakukan cara
seperti di atas, kita tidak akan melanggar hukum Taurat kelima, justru kita
mentaatinya. Tuhan memerintahkan kita untuk menghormati “ayah dan ibu”, bukan
menghormati “roh” ayah dan ibu yang telah mati.
Penulis akan membahas beberapa bagian Alkitab yang sering dimanipulasi oleh
orang-orang Batak Kristen, untuk membenarkan upacara mangongkal holi, adalah
cerita pengangkatan kerangka tulang Yusuf dari tanah Mesir ke tanah Kanaan (Kelu.
13:19).
“Musa membawa tulang-tulang Yususf sebab tadinya Yusuf menyuruh anak-anak
Israel bersumpah dengan sungguh-sungguh: “Tuhan tentu akan mengindahkan
kamu, maka kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini”.
Permintaan Yusuf kepada keturunannya untuk membawa tulang-tulangnya ke
tanah Kanaan, didasarkan pada keyakinan imannya. TUHAN telah berjanji kepada
Abraham untuk memberikan tanah Kanaan. TUHAN telah memberitahukan kepada
Abraham bahwa keturunannya akan diperbudak di Mesir selama 400 tahun. Setelah
itu, Tuhan berjanji akan membawa mereka kembali ke tanah yang telah
dijanjikanNya (kejadian 15:13-16).
Yusuf sangat mempercayai apa yang telah dijanjikan Tuhan kepada Abraham,
kakeknya itu. Dia sangat mempercayai bahwa hal itu akan digenapi. Bangsa Israel
akan dibawa kembali ke dalam tanah Perjanjian, walaupun waktunya masih jauh
didepan. Imannya benar-benar tertuju kepada janji Tuhan, sehingga dia tidak
merelakan tulang-tulangnya sekalipun untuk tinggal di Mesir. Perintah pengangkatan
tulang Yusuf kepada keturunannya, sepenuhnya muncul dari imannya kepada tanah
yang dijanjikan oleh Tuhan. Dia percaya TUHAN akan benar-benar
melaksanakannya.
Lagipula dari ribuan orang Israel (mungkin jtaan) yang telah amti di tanah Mesir,
hanya tulang Yusuf saja yang dibawa dari tanah mesir ke tanah Kanaan. Ribuan atau
jutaan kerangka lainnya tetap tertanam di tanah Mesir. Di samping itu penggalian
tulang belulang orang mati bukanlah tradisi bangsa Israel. Penggalian itu hanya
terjadi pada kasus tulang Yusuf saja, setalah itu tidak ada lagi.
Upacara mangongkal holi tidak ada kaitannya sama sekali dengan janji Tuhan
kepada bangsa Israel. Upacara itu berasal dari agama Batak (hasipelebeguon)
dengan tujuan pemujaan leluhur. Tuhan sangat jijik melihat hal itu. Tuhan tidak
pernah menjanjikan sebuah wilayah (tanah) untuk diberikan kepada bangsa Batak.
Tanah Kanaan hanya dijanjikan untuk diberikan kepada bangsa Israel. Kepada
bangsa Batak, Tuhan menjanjikan keselamatan dan hidup kekal di dalam Tuhan
Yesus.
Sehingga sangatlah salah kalau kita menggunakan peristiwa Yusuf itu sebagai
alasan pembenaran dari upacara mangongkal holi. Ini penafsiran yang telah
dipleintir oleh Iblis. Ini hanya peniruan yang membabi buta. Kalau kita ikuti logika
peniruan dari Iblis ini, maka seluruh saring-saring orang Batak seharusnya dibawa
ke tanah Palestina sekarang, karena ke sanalah tulang Yusuf dibawa oleh Musa.
Sementara kita tahu bahwa persoalan antara bangsa Israel dan Palestina saja belum
dapat diselesaikan sampai hari ini oleh manusia, apalagi jikalau ditambah dengan
masalah tulang-belulang dari orang Batak, wah…semakin kacau jadinya.
Satu lagi dari isi Alkitab yang banyak dipakai oleh orang Batak Kristen untuk
membenarkan acara pekuburan adalah cerita kedatangan Maria Magdalena dan
rekan-rekannya ke kuburan Yesus pada hari kebangkitanNya. Peristiwa ini dijadikan
alasan oleh banyak orang Batak Kristen untuk beramai-ramai mengadakan kebaktian
subuh di pekuburan pada setiap hari peringatan kebangkitan Tuhan Yesus.
Menjelang hari peringatan Paskah dan Kebangkitan, pekuburan Kristen
mengalami kesibukan luar biasa. Banyak orang yang datang membersihkan kuburan
keluarganya, menaruh lilin, sirih, makanan, minuman, menangis dan lain-lain.
Kebiasaan ini sesungguhnya berasal dari agama di luar Kristus. Puncak acaranya
adalah kebaktian subuh yang dilangsungkan di pekuburan. Kebaktian itu dipimpin
oleh pendeta atau penatua gereja.
Tuhan Yesus sudah menubuatkan tentang kematian dan kebangkitanNya pada
hari ketiga kepada para muridNya. Tetapi mereka tidak mengerti maksud Tuhan
Yesus tersebut. Karena ketidak mengertian itulah, makanya Maria Magdalena dan
rekan-rekannya pada waktu subuh datang ke kuburan Yesus untuk meminyaki tubuh
Yesus dengan rempah-rempah yang mereka beli (Matius 28:1-8). Sesampainya di
kuburan mereka menemukan batu kuburan telah terguling, dan pada saat itulah,
malaikat Tuhan berkata kepada mereka:
“Janganlah kamu takut, sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
Ia tidak ada disini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakanNya.
Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada
murid-murid-Nya, bahwa Ia telah bangkita dari antara orang mati. Ia mendahului
kamu ke Galilea; disana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah
mengatakannya kepadamu. Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan
dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya
kepada murid-murid.” (Matius 28:5-8).
Malaikat Tuhan memberitahukan tentang kebangkitan Yesus dan memperlihatkan
kubur yangt sudah kosong kepada Maria Magdalena cs. Setelah itu mereka
diperintahkan untuk pergi memberitahukan hal itu kepada murid-muridNya, supaya
mereka pergi ke Galilea. Maria Magdalena cs segera pergi dari situ setelah melihat
kuburan itu kosong. Malaikat Tuhan tidak membiarkan mereka berlama-lama di
kuburan itu.
Kalau murid-murid percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, maka seharusnya
mereka tidak perlu pergi ke kuburan dengan membawa rempah-rempah. Mereka
cukup menunggu Yesus di Galilea, seperti yang telah diperintahkanNYa.
Ketidakpercayaanlah yang membawa mereka ke kuburan. Oleh kemurahan Tuhan,
mereka diberi kesempatan melihat kuburan kosong. Setelah itu mereka harus pergi
dari kuburan. Seandainya semua orang Batak yang pergi ke kuburan itu mengerti
makna “Kebangkitan Kristus”, niscaya mereka sudah sibuk memberitakan Inji, bukan
sibuk pergi ke kuburan.
Untuk apa lagi orang Kristen Batak pergi ke kuburan pada peringatan hai
Kebangkitan Yesus? Maria Magdalena pergi ke tempat kuburannya Tuhan Yesus,
bukan ke kuburan keluarganya. Yesus telah bangkit. Kalau keluarga kita yang telah
mati itu beriman kepada Tuhan Yesus, maka merekapun telah berada di Sorga
bersama-Nya. Tidak ada kebangkitan apapun di pekuburan-pekuburan keluarga itu.
Yang tertinggal di situ hanyalah kerangka tulang dan roh-roh jahat. Mengapa kita
musti melakukan ibadah di pekuburan? Apakah tidak ada tempat lain di luar sarang
Iblis itu untuk melakukan ibadah? Bukankaha da gedung gereja kita? Atau kita
belum percaya bahwa Tuhan Yesus telah bangkit dan juga membangkitkan semua
orang yang percaya kepadaNya? Camkanlah perintah malaikat Tuhan, pergilah dari
kuburan itu! Mari kita mentaatinya, sama seperti murid-murid Tuhan Yesus.
Karena Injil menentang hubungan antara orang yang hidup dengan roh orang
mati, amak segala bentuk penghormatan dan hubungan dengan orang mati tidak
sepatutnya dilakukan oleh para pengikut Yesus. Injil mengajarkan bahwa Yesuslah
satu-satunya sumber berkat yang sejati. Dialah pokok anggur yang benar, karena itu
kita tidak memerlukan lagi berkat-berkat dari roh orang mati, roh leluhur, berbagai
roh sembahan leluhur lainnya. Semuanya itu berasal dari Iblis. Pasu-pasu dari Iblis
justru mendatangkan kutuk TUHAN atas kehidupan kita hinga sampai kepada
keturunan yang keempat. Dengan demikian kiat menutup sendiri berkat TUHAN atas
hidup kita dan hidup keturunan kita.
Berkat yang kita miliki di dalam Kristus jauh lebih besar melampuai segala
pemberian setan yang membinasakan. Saya akan kemukakan beberapa ayat:
“Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi
kasih karunia” (Yohanes 1:16).
“Terpujilah Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang dalam Kristus telah
mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di sorga”. (Efesus 1:3)
“Di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan
tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, supaya pada masa yang akan datang Ia
menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah
sesuai dengan kebaikan-Nya terhadao kita dalam Kristus Yesus”. (Efesus 2:6-7).
Pencarian berkat diluar Kristus dinilah oleh TUHAN sebagai suatu kebodohan
rohani dari umat TUHAN.
“Sebab dua kali uamt -Ku berbuat jahat: mereka meinggalkan Aku, sumber air
yag hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni yang bocor, yang tidak
dapat menahan air.” (Yeremia 2:13)
dihadapan Tuhan, berbagai upacara dat Batak merupakan kolam-kolam bocor
yang digali oleh orang Batak. Masihkah kita mau membiarkan kebodohan itu
berlangsung?
Semakin orang Batak hidup dalam Kristus, maka semakin akan disadari bahwa
segala berkata yang benar hanya berasal dari Tuhan Yesus. Iblis hanya dapat
memberikan berkat palsu yang berisikan kutuk kepada manusia. Karena itu, sudah
sepantasnya apabila penghormatan, penyembahan, pujian dan ucapan syukur hanya
akan kita berikan kepada Kristus. Segala kemajuan dan keberhasilan yag telah
dinikmati orang Batak mejadi dasar bagi kita untuk memberikan kemuliaan kepada
nama Yesus. Karena itulah sudah sepatutnya kita membangun tugu-tugu rohani
bagi kemuliaan nama Yesus dengan menyerahkan sebagian dari berkat Tuhan untuk
pekerjaan pemberitaan Injil yang murni di tengah-tengah bona pasogit dan sukusuku
bangsa lainnya.
Pada waktu kemuliaan sudah diberikan sepenuhnya kepada Yesus Kristus, maka
berkat Tuhan akan semakin mengalir kepda bangsa Batak. Sehingga oleh kuasa
kemurahan Kristus, Tapanuli tidak akan disebut orang lagi “peta kemiskinan” dan
kehidupan di tengah-tengah umat Tuhan sungguh-sungguh dipelihara oleh damai
sejahtera Kristus. Sehingga gereja tidak lagi menjadi tempat peperangan bagi orang
Batak, tetapi me njadi tempat beribadah dan memuliakan nama Yesus Kristus.
Injil juga mengajarkan bahwa ikatan rohani kita hanya kepada Yesus Kristus.
Ikatan itu merupakan tanda rohani bahwa kita berhal mewarisi segala janji Tuhan.
Ikatan itu dimeteraikan dengan Roh Kudus (Efesus 1:13). Karena itu setiap orang
yang percaya adalah pewaris sah seluruh janji Tuhan, seperti yang tertulis di dalam
Alkitab. Karena itulah kitab suci kita dinamakan kitab “Perjanjian”, yaitu Perjanjian
Lama dan Perjanjian Baru. Melalui pernyataan iman kita mengikatkan diri kita
dengan Kristus, sehingga kita terikat kepadaNya dalam suatu perjanjian, sama
seperti orang Israel yang mengadakan perjanjian dengan Tuhan di gunung Sinai.
Karena itu mari kita tinggalkan segala upacara adat Batak yang membuat kita
terikat kepada roh-roh sembahan leluhur (malaikat iblis). Mari kita putuskan segala
perjanjian yang telah dibuat oleh leluhur kita dengan Iblis, dalam darah dan demi
nama Yesus Kristus. Mari kita tinggalkan kutuk yang diberikan Iblis dan kita
songsong berkat Kristus yang berkelimpahan bagi kita sampai kepada hidup yang
kekal.
Dengan mengerti Firman Tuhan di atas, seluruh rangkaian upacara adat yang
berkaitan dengan orang mati tidak diperlukan lagi di dalam hidup mengikut Tuhan
Yesus baik itu manulangi, hamatean, mangongkal holi, marsuap, pesta pendirian
tugu dan lainnya. Pernyataan Pilgram di bagian pendahuluan tulisan ini berkenaan
juga dengan masalah di atas. Kalau seseorang telah memiliki Kristus, maka dia telah
memiliki Hidup, dan karena itu kita tidak memerlukan lagi upacara-upacara agama
Batak. Pernyataan Pilgrim di atas berasal dari kutipan Firman Tuhan.
“Dan inilah kesaksian itu: Tuhan telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada
kita, dan hidup itua da di dalam anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki
hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.” (1 Yohanes 5:11-
12).
“Jala on do panindangion I: naung dibasabasahon Tuhan do tu hita hangoluan
salelenglelengna, jala dibagasan AnakNa di hangoluan i. Ia di Ibana Anak I, di
ibana do hangoluan I, ia so di ibana Anak ni Tuhan, ndang di ibana hangoluan i.”
Kalau Paulus itu roang Batak, dia akan mengatakan:
“Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku (seluruh upacara agama
Batak atau adat Batak), sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala
sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari
semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu
(hasipelebeguon) dan menganggapnya sampah.” (Filipi 3:7-8).
Bagi orang Batak yang masih hidup dalam hasipelebeguon seperti leluhur kita
dahulu, segenap upacara adat Batak memang merupakan sesuatu yang memberikan
keuntungan, berkat bagi mereka. Tetapi bagi orang yang sudah mengenal Kristus,
maka pengenalan akan Kristus merupakan suatu perkara yang sangat mulia dari
segala bentuk kemuliaan duniawi. Sehingga kita tidak memerlukan semuanya itu.
Persoalannya sekarang, apakah kita orang Batak yang sudah mengenal Kristus
(mananda Kristus) atau tidak?
Pernyataan Tuhan Yesus kepada salah seorang murid-Nya dibawah patut kita
renungkan secara mendalam.
Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepadaNya: “Tuhan,
izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku.” Tetapi Yesus berkata: “Ikutlah
Aku dan biarlah orang-orang mati (rohani) menguburkan orang-orang mati
mereka.”
Pernyataan Yesus ini sangat keras, bayangkan kalau anda sendiri berada dalam
posisi itu! Dalam ayat ini, Yesus menegaskan bahwa mengikut Dia sangat penting
daripada mengikuti penguburan orang-orang mati, lengkap dengan segala upacara
adatnya. Segala rangkaian penguburan orang mati, biarlah itu hanya menjadi urusan
orang-orang yang mati secara rohani. Urusan orang-orang yang telah hidup di dalam
Tuhan adalah mengikut Dia di dlam menyelesaikan segala pekerjaan-Nya di dunia
ini, yaitu memberitakan Injil dan memuridkan orang kepada Kristus. Karena waktu
untuk itu sudah semakin singkat, sementara pekerjaan semakin banyak yang belum
diselesaikan.
Saya mau membagikan pengalama hidup di dalam menerapkan perintah Tuhan
Yesus ini.
Suatu hari orang tua saya dari Medan ke tempat tinggal kami di Tebing Tinggi.
Mereka menjelaskan tentang seorang bibi (nantulang mangulahi) yang telah ditolak
oleh pihak rumah sakit, karena kondisi sakitnya yang tidak tertolong lagi. Namun
setelah berminggu-minggu, nantulang yang sudah tua ini tidak meninggal juga,
walaupub dokter meramalkan waktunya tidak lama lagi, dan selang infus sudah lama
dicabut. Kondisi fisiknya sudah sangat kurus sekali. Secara medis sulit diterangkan
mengapa orang tua ini masih hidup. Seluruh pihak keluarga sepakat untuk
mengadakan acara manulangi di kampung. Ibu saya menjelaskan tentang latar
belakang nantulang ini yang banyak terlibat dalam kuasa iblis. Saya menilai bahwa
sulitnya nantulang tersebut meninggal karena ada sesuatu yang ma u Tuhan kerjakan
kepada nantulang ini, berkaitan dengan keterlibatannya dalam kuasa setan. Karena
itu saya berdoa bagi rencana pelayanan kesana, agar kalau Tuhan menghendaki
saya melayaninya, Tuhan membukakan jalan untuk melakukannya. Pada hari yang
ditetapkan, orang tua saya datang menjemput dan kami berangkat ke kota
Pematang Siantar. Saya menunggu mereka menyelesaikan upacara adat itu sambil
berdoa di rumah lain. Dalam masa menunggu itulah saya menjumpai beberapa ibuibu
tua yang saya kenal di kampung itu, dan kemudian menyampaikan Injil kepada
mereka. Pada akhirnya, sebanyak tiga orang ibu-ibu itu mau saya ajak berdoa
menerima Tuhan Yesus secara pribadi dan menyangkali segala dosa keterlibatan
mereka dengan kuasa setan. Beberapa waktu setelah pelayanan itu selesai, kedua
orang tua saya turun dari rumah tempat acara itu berlangsung, dan hendak
berangkat pulang. Saya meminta waktu kepada Bapak untuk pergi menjumpai
nantulang itu dan berdoa baginya. Dan saya meminta ibu untuk mendampingi saya.
Saya menjumpai nantulang itu yang sedang dikelilingi oleh banyak famili. Kondisinya
sudah sangat pucat dan berbau mayat. Saya menanyakan kesediaan nantulang itu
untuk mengakui dosa-dosanya, menyangkali segala perdukunannya, dan meminta
Yesus masuk ke dalam hatinya untuk mengampuni segala dosanya. Saya meminta
kesediaannya untuk saya wakili berdoa dihadapan Tuhan, karena dia tidak dapat
berbicara lagi. Nantulang itu berkelonjotan, sehingga keluarga yang merawatnya lari
ke bawah rumah mencari sesuatu untuk menolong (keluarga ini mempunyai ilmu
perdukunan). Setelah doa selesai, maka tubuh nantulang itu tenang kembali, dan
kami segera pulang ke Tebing Tinggi. Dalam perjalanan pulang, saya katakan
kepada ibu, bahwa Tuhan belum memanggil nantulang ini karena seluruh
keterikatannya dengan iblis harus diselesaikan lebih dahulu. Saya menjelaskan
mengapa tubuh nantulang itu bekelonjotan (sperti ayam dipotong) ketika doa
penyangkalan dan pengusiran setan-setan. Kalau rencana Tuhan sudah selesai,
maka nantulang ini tidak lama lagi akan meninggal, tetapi bukan karena pihak
keluarga telah melakukan acara manulangi (walaupun mungkin banyak di antara
mereka yang mungkin beranggapan seperti itu). Dua hari kemudian, saya menerima
berita dari bapak, bahwa nantulang itu telah meninggal keesokan harinya, setelah
dia dilayani. Saya bersyukur kepada Tuhan karena dalam hari itu, beberapa orang
telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus. Saya tidak terlibat di dalam rangkaian upacara
adat itu, walaupun saya datang ke tempat itu. Yang penting, pekerjaan Tuhan disana
telah saya kerjakan. Soli Deo Gloria!

Umpasa


Kehidupan adat orang batak tidak terlepas dari Peribahasa (Umpasa) yang terdiri dari 2 macam sbb:
Umpama/umpasa adong do na jempek jala adong do na ganjang.
Contoh ni umpama na jempek ima " SISOLI-SOLI DO ADAT, SIADAPARI GOGO",
Ia umpama na ganjang tarbagi dua doi, parjolo do jolo tudosan, umpe i asa isi ni umpama i na sasintongna,
contoh ni umpama na ganjang ima
" ANDOR HALUMPANG MA PATOGU-TOGU LOMBU;
" SAI NANGNANG MA I SARIMATUA SAHAT RO DI NA PAIRING-IRING PAHOMPU"

HATA PASU-PASU
* Janji urat ni eme tu laklak ni simarlasuna,
Adat na denggan na so ra sega,
uhum na uli na so ra muba i,
asa manumpak ma Tuhanta i
sinur ma pinahan gabe na niula jala horas jolma.
* Sai marrongkap mai songon bagot,
marsibar songon ambalang,
jala sai masigomgoman ma tondi ni nasida tu na tama.
* Dangka ni hariara ma pinangait-ngaithon,
tubuma dihamu anak dohot boru,
sai unang ma panahit-nahithon.
* Balintang ma pagabe tumandakhon sitadoan,
saut do hamu gabe asal ma tontong masipaolo-oloan.
* Dangir-dangir ni batu ma hamu,
pandakdahan ni simbora,
Gabe do hamu jala sarimatua asal ma sai marsada ni roha.
* Ai na tinapu salaon, salaon situa-tua,
Denggan ma hamu masianju-anjuan asa saut gabe jala sarimatua.
* Sai situbu laklak ma hamu situbu singkoru di dolok ni purbatua,
sai tubuan anak ma hamu tubuan boru, donganmuna sarimatua.
* Hariara na bolon bahen parlape-lapean,
Sai tubu ma di hamu anak dohot boru na bolas pangunsandean.
* Bagot na mandung-dung tu pilo-pilo marajar,
Tading ma antong na lungun, sai roma na jagar.
* Sahat-sahat ni soluma sahat tu bortean,
Sahat ma hamu tu parhorasan, sahat tu panggaben.

ANGKA UMPAMA NA MARRAGAM

* Tuat ma na sian dolok martungkot salagundi,
adat ni ompunta sijolo-jolo tubu siihuttonon ni na di pudi.
* Sinuan bulu sibahen nalas,
Sinuan uhum sibaen na horas.
* Muba dolok muba duhutna,
muba luat sai adong do muba adatna.
* Eme na masak di gagat ursa ,
ia i namasa ima di ula.
* Aek godang aek laut,
dos niroha sibahen nasaut
* Sori manungkun sori mandapot,
sai matua marpanungkun tu na nidapot.
* Tangan do botohon, ujungna jari-jari,
Bangko nihata si dohonon, asal ma jumolo marsatabi.
* Ramba na poso na so tubuan lata,
halak na poso na so umboto hata.
* Tampuk ni sibaganding di dolok ni pangiringan,
horas ma hamu na marhaha maranggi, sai masipairing-iringan.
* Bola-bola ni tangan, sitongka i bolahononhon,
bola-bola ni halak, sitongka i tangihononhon.
* Tinallik randorung bontar gotana,
Dos do anak dohot boru nang pe pulik margana,
ai dompak marmeme anak, dompak do tong marmeme boru,
andung ni anak sabulan di dalan, andung ni boru sataon.
* Habang leang-leang songgop tu parapian,
Bolak ni rosu angka na marpariban,
sai masitopot-topotan songon pidong leang-leang.
* Na niida ni mata paula so niida,
na binege ni pinggol paula so ni bege.

Si dua uli songon na mangan poga,
malum sahit bosur butuha

Giringgiring gostagosta,
sai tibu ma hamu mangiringiring huhut mangompaompa

Rundut biur ni eme mambahen tu porngisna,
masijaitan andor ni gadong mambahen tu ramosna.

Hotang binebebebe, hotang pinulospulos
unang iba mandele, ai godang do tudostudos

Tumbur ni pangkat tu tumbur ni hotang
tu si hamu mangalangka sai di si ma hamu dapotan

Hotang hotari, hotang pulogos
gogo ma hamu mansari asa dao pogos

Hotang do bahen hirang, laho mandurung porapora
sai dao ma nian hamu na sirang, alai lam balga ma holong ni roha

Hotang diparapara, ijuk di parlabian
sai dao ma na sa mara, jala sai ro ma parsaulian

Sidangka ni arirang na so tupa sirang,
di ginjang ia arirang, di toru ia panggongonan.
badan mu na ma na so ra sirang, tondi mu sai masigomgoman

Bintang na rumiris ombun na sumorop
anak pe di hamu riris, boru pe antong torop
Bona ni aek puli, di dolok Sitapongan,
sai ro ma tu hamu angka na uli, songon i nang pansamotan

Marasar sihosari di tombak ni panggulangan
sai halak na gogoma hamu mansari jala parpomparan sibulangbulangan


Agia pe lapa-lapa asal di toru ni sobuan
agia pe malapalap asal ma di hangoluan,
ai sai na boi do partalaga gabe parjujuon

Ulos lobulobu marrambu ho ditongatonga
tibu ma ho ito dolidoli, jala mambahen si las ni roha

Ulos lobulobu marrambu ho ditongatonga
sinok ma modom ho anggi, suman tu boru ni namora

ANGKA UMPAMA
• Ingkon barani do mandok hata na sintong, ndang matanggak di hata, ndang matahut di bohi
• Tongka do mulak tata naung masak, mulak marimbulu naung tinutungan
• Tu duru ma hata mabuk, tu tonga hata uhum
• Unang talu mangalehon , parjoring siahiton, parpalia sidungdungon
• Ndang adong amporik na so siallang eme
• Ingkon sada do songon dai ni aek, unang mardua songon dai ni tuak
• Unang songon ulubalang so mida musu
• Unang teal, teleng so hinarpean, na mungkal songon siarari
• Diorong asu do na so ompuna, paniseon do halak di na so padanna
• Ndang piga halak sigandai sidabuan, alai godang sigandai hata
• Ndang sae holan parik ni huta togu, alai ingkon tumogu dope sada ni rohanta
• Piltik ni hasapi do tabo tu pinggol, anggo piltik ni hata sogo do begeon
• Hata paduadua suminta parsalisian, hata patolutolu suminta parrosuan
• Ndang ngalian nang so niulosan, na so ada anian na so adong tudosan
• Ganjang pe nidungduung ni tangan , ganjangan dope nidungdung ni roha
• Molo iba maniop matana halakan maniop suhulna, aganan ma pinalua
• Salah mauli salah ma denggan, songon songgar di robean
• Santahu aek nuaeng, duan tahu aek marsogot, na santahu i do pareahan
• Ingkon martangga martordingan do songon paranak ni balatuk
• Na dangol ni andung, na siak panomuan
• Sai martanda ma songon adian, marhinambar songon dolok
• Todos di ari, tanggor di boturan
ANGKA UMPASA
• Hotang do binebe-bebe, hotang nipulos-pulos
Unang hita mandele ai adong do tudos-tudos
• Sori manungkun, sori mandapot
Martua manungkun ma na ro tu na nidapot
• Tuak natonggi tu bagot si balbalon
Tung pe paet di tingki na salpu, sa i ro ma angka natonggi tu juloan on
• Unduk Sipinggilina, torjok sitarihonna,
Unduk pinailina, tontu adong sinarihonna
• Bangunbangun sinuan, bangun bangun do salongan
Molo na uli sinuan, laos na uli do jaloon
• Sihampir gabe gambir, tandiang gabe toras
tudia pe so tampil, tung tu aha pe so bolas
• Manuan bulu di lapang-lapang ni babi
Mambahen na so uhum, mangulahon na so jadi
• Tangkas pe jabu suhat, tangkasan do jabu bona
tangkas ma hita maduma, laos tangkas ma nang mamora
• Ndang tarbahen be turak, ai nungga sor binahen tagan
Ndang tarbahen be mulak, ai nungga sor niose padan
• Nirimpu do gugutna, hape saitna
Nirimpu do burjuna, hape gaitna
• Binsar ma mata ni ari, poltak mata ni bulan
Sai horas ma angka lahilahi sai horas nang angka parompuan
• Mabaor aek puli sian dolok ni simamora, sai hot ma jabunta on bagas nauli, inganan marlas ni roha
Pir do pongki, bahulbahul pansalongan
Pir ma tondi, sai ro ma pangomoan
• Marisap nama jo, manang beha hinatabona
Marpingkir nama jo, manang beha pangalahona
• Jonjong di dolok purbasinomba, manatap tu panamparan,
Sai sahat ma hamu saur matua, mangingani jabuon dihaliangi angka pomparan
• Hotanghotang so dohonon, ansiumn so bolaon
Hata na so sidohonon, tongka do paboa-boaon
• Pusuk ni tobu na poso uram-uram ni situma
Sungkunon ma gogo tu na poso, ruhut adat tu natua-tua
• Bintang narumiris tu ombun na sumorop
Anak pe antong riris, boru pe antong torop
• Tuat ma pandurung, nangkok ma parsoban
Marsidolosan pe tanggurung, tongka do masihaoran
• Unang jolo siburinsak, asa porapora
Unang jolo hona insak, asa pinauba roha
• Ampa-paga dolok, tu ampapaga ni Humbang
Ba hita do marsogot, laos hita do nang haduan
• Naung indahan, tongka do dudaon
Naung ni oloan, tongka do juaon
• Unang girgir mambau, anggo so binoto do mambibiri
Unang girgir iba marjabu, anggo so binoto do mamparabiti
• Tuak natonggi tu bagot si balbalon
Tung pe paet di tingki na salpu, sa i ro ma angka natonggi tu juloan on
• Tinapu bulung siarum, bahen uram ni pora-pora
Na hansit gabe malum, molo dapot sinangkap ni roha
• Sinuan bagot, bagot marpilo-pilo
Jotjot do naung pangidoan, gabe mangido-ido
• Bulung ni bulu do i, tu bulung ni hotang
Ia tundal sarupa musu, hape dompak sarupa dongan
• Madekdek ansosoit tongon tu tarumbara
Unang dok hamu hami parholit, silehonon do soada
• Mangkuling taguktaguk, di atas ni arirang
Hunsus na baru saut, bau na baru sirang
• Daling ni dalingkon, masuak hodong ni bagot
Tading na tinadingkon, hape na nieahan pe so dapot
• Ndang tardanggur be na gantung di dolok ni spakpahi
Ndang taringot be na dung songon bongka siapari
• Nidanggur ambaroba, ambaroba na so ra hona
Bangko ni hita jolma, sai masiahut tu jolona
• Molo tampil tu parsoburan, ingkon siat do tu panggatan
Molo tangkas do di partuturan, ingkon dohot do di parjambaran
• Niluluan tandok hape dapot parindahanan
Tolap papangan do nian mandok, alai ndang tuk jamaon ni tangan
• Rande ampapaluan, porapora si salean
Raja do pangalu-aluan na mora paulaean
• Solot bulung hahombu, tu dangka ni arirang
Salang na marpahompu, adong do i na sirang
• Duru ni harangan, hatubuan ni tada-tada
Hansit do tangan rajanami, mandangurhon na so ada
• Marluga sitindaon, mangan hoda sigapiton
tu jolo ni langkahon, tu pudi sinarihon
• Barita ni lampedang mardangka bulung bira
Barita ni hamoraon mu, tarbege do ro di dia