Minggu, 18 April 2010

Letjen TNI (Purn) DR TB Silalahi SH

Letjen TNI (Purn) DR TB Silalahi SH : Terharu dan Terkejut, Masih Ada Generasi Muda Batak yang Mampu “Marumpasa” dan “Marumpama”

Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Maret 24th, 2008
Tobasa (SIB)
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Letjen TNI (Purn) DR TB Silalahi SH mengaku terharu dan terkejut bahwa masih ada generasi muda di Kabupaten Toba Samosir yang mampu untuk melakukan atau mendemontrasikan tata cara adat Batak Toba melalui umpama dan umpasa dalam bahasa Batak Toba untuk “maminta” (meminta red) gondang.
“Kita sama-sama tahu, budaya Batak sudah sulit untuk dilestarikan. Tapi setelah melihat bakat-bakat dan penampilan generasi muda yang berlomba hari ini, kita sadar bahwa sebenarnya generasi muda sekarang masih dapat diandalkan untuk lebih memahamai dan mencintai budaya kita,” ungkap DR TB Silalahi pada perlombaan seni budaya yang diselenggarakan TB Silalahi Center di Convention Hall TB Silalahi Center di Jalan Pagarbatu dan Asrama Yasop (Yayasan Soposurung ) Balige, Kamis (20/3).
Diakui TB Silalahi, dirinya terkesan dengan cara “maminta” gondang yang penuh dengan umpama dan umpasa yang sangat dalam maknnya. Terus terang, saya saja tidak sanggup lagi untuk maminta melalui umpasa, kata TB yang juga dihadiri rombongan dari Jakarta pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, Sunggu Anuar Aritonang, Saut Hutauruk, M Pasaribu, Sahat Silalahi, Robert njo, Gandi Tambunan, Wasinton Tambunan.
Sehubungan dengan rangkaian kegiatan peresmian TB Silalahi Center, pada Kamis (20/3) digelar berbagai perlombaan seni budaya mencakup paduan suara, lomba Tortor, lomba Marhata Adat, lomba membaca dan menulis aksara Batak. Kesemuanya diperlombakan antar Kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir.
Letjen (Purn) DR TB Silalahi SH yang juga putra desa Pagar Batu Balige ini memaparkan, visi dan misi TB Silalahi Center adalah pelestarian Budaya Batak dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya TB Silalahi mengajak dan menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dengan TB Silalahi Center menjalankan visi misi tersebut.
Melihat antusias masyarakat, Putra Tobasa yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara di Jaman Presiden Soeharto ini, merasa senang dan gembira apalagi setelah menyaksikan sendiri perlombaan tersebut. Saya juga terkejut bagaimana pesertanya yang rata-rata usianya masih muda sudah mampu mendemonstrasikan tata cara adat dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah seluruh rangkaian perlombaan selesai acara dilanjutkan dengan nonton bareng “Oprette Perjalanan Hidup Nommensen di tanah Batak yang langsung disutradarai oleh DR TB Silalahi, pada CCA di Medan belum lama ini, yang diikuti secara serius oleh peserta di aula Conventiion Hall TB Silalahi Center yang baru rampung dibangun di Pagar Batu. TB Silalahi terharu dan tiba-tiba mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan lagu Batak “Sai Anju Ma Au” yang merupakan lagu lomba bebas paduan suara.
Tidak hanya TB Silalahi yang terharu, pengacara kondang Indonesia Hotman Paris Hutapea yang memberikan bantuan biaya transportasi dan akomodasi peserta lomba, juga angkat bicara. Hotman, berkata kita senang di beri kesempatan di Aula TB Silalahi Center, sembari memuji figur TB Silalahi. (T11/i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar